Tantangan Bagi para KriptoAnalis dari FBI
Posted by y3dips on January 06 2009 09:33:19
Akhir tahun lalu FBI mengumumkan secara resmi di situsnya mengenai tantangan kedua untuk para KriptoAnalis, tantangan yang sudah diberi tema "CAN YOU CRACK A CODE?" pada tanggal 29 Desember 2008. Tahun lalu, tantangan untuk meng"crack" kode yang di klaim di buat oleh para kriptoanalis dari lab FBI itu setidaknya telah di"crack" oleh 10.000 orang lebih.
Extended News
Akhir tahun lalu FBI mengumumkan secara resmi di situsnya mengenai tantangan kedua untuk para KriptoAnalis, yang diberi tema "CAN YOU CRACK A CODE?" pada tanggal 29 Desember 2008. Tahun lalu, tantangan untuk meng"crack" kode yang di klaim di buat oleh para kriptoanalis dari lab FBI itu setidaknya telah di"crack" oleh 10.000 orang lebih.

Pada tantangan kedua yang di klaim akan relatif lebih sulit oleh FBI ini malah menjadi bahan olok-olok di berbagai forum, dan ruang komentar di berbagai blog yang telah mempublikasikannya, ada yang menyatakan jika FBI hanya mempermalukan diri mereka sendiri dengan memberikan tantangan seperti Ini, sebuah file Flash yang menampilkan huruf Acak, dan juga menampilkan pesan tersembunyi dalam file flash itu sendiri.

Pada pesannya sendiri, terlihat jika metode sederhana dengan melakukan penggantian karakterlah yang digunakan, istilah yang lebih dikenal dengan subtitusi ini sangat jelas terlihat pada kode "KBVBF YYY.AHB.MSK/NSCDC.OFZ" yang dengan mudah dapat di terjemahkan menjadi "VISIT WWW.FBI.GOV/xOyxy.xxx" , Jadi, anda sudah dapat formulanya tinggal cari key-nya (fungsi)?, Plain = Key (some function) Cipher

K = V
B = I
V = S, dan seterusnya

untuk pesan tersembunyi di file .swf-nya itu sendiri (jika memang ada :P) , mungkin anda perlu mengdekompile file flash tersebut (bukan hal yang sulit bagi teman-teman semua, menginggat 4 tahun lalu sebuah situs permainan hacking (hackthissite) pernah memberikan jenis tantangan yang sama :))

Well, bagi yang ingin mencoba silahkan ke http://www.fbi.gov/headlines/code.swf, bagi yang ingin belajar silahkan liat artikel bagus yang disediakan oleh FBI di sini.
Selamat mencoba :)