Laporan: BCS'07 ASIA - 2 Hari bersama 31337 !
Posted by az001 on November 01 2007 15:26:17
Di hari terakhir ini, y3dips juga sempat berbincang - bincang dengan hacker-hacker dari komunitas lainnya, salah satunya dari komunitas Hackinthebox, dan dari hasil perbincangan mereka ternyata echo|zine cukup diminati juga oleh komunitas hacker Malaysia, Brunei, maupun Singapura karena memiliki bahasa serumpun yang lebih mudah di mengerti. Jadi, tunggu apa lagi ? siapkan text editor anda dan mulailah menulis untuk echo|zine berikutnya :).

Extended News
Pada event BCS'07 kemarin,acara dibagi menjadi dua track yaitu Business Track & Technical Track dimana didalamnya terdapat beberapa seminar.

Hari Pertama

Pada hari pertama,seperti biasa acara BCS'07 dimulai dengan kata sambutan oleh perwakilan dari Departemen Komunikasi dan Informasi Indonesia, setelah kata sambutan & Opening Ceremony yang disampaikan kurang lebih 15 menit,acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Jos Luhukay dengan materi Security Outlook on Increased Financial Transactions in 2008.

Setelah Jos Luhukay selesai,peserta dipersilahkan memilih track yang akan diikutinya, para staff echo memilih untuk mengikuti Technical Track, walaupun ada staff yang memilih ke Business Track (tanya kenapa ? :P) tetapi disesi berikutnya Ia kembali lagi ke Technical Track.

Technical Track - Day 1

:- Frederic Raynal - Attack !!! For Fun and Profit

:- The Grugq - Meta Anti Forensics : The HASH Hacking Harness

:- Fredrik Soderblom - How to catch DDoS kiddie

:- eCHo RDC Collective - Recent Trends in Local Hacking Community

:- Raffael Marty - Insider Threat Visualization - Where is Waldo ?


Pada event BCS kali ini tepatnya di hari pertama BCS'07 dimulai, e-rdc diberi kesempatan untuk menyampaikan presentasi tentang tren komunitas underground Indonesia. Pembicara dari e-rdc diwakili oleh y3dips dan Mulyadi Santosa, topic diawali dengan pembahasan tentang cyberwar , defacing, industri virus, perkembangan opensource, sampai kepada maraknya buku hacking di Indonesia. Sempat dibahas juga kejadian defacing yang terjadi baru-baru, dan tidak lupa pula untuk memperkenalkan eCHo dan e-rdc ke khalayak ramai, khususnya mas mulyadi yang ters-terusan memancing penonton untuk mau berkontribusi ke echo|zine. Bahkan dia memperbincangkannya serius dengan teman-teman dari Malaysia dan Vietnam saat waktu istirahat.

Pengalaman berbicara di event Internasional seperti BCS'07 ini sebenarnya bukanlah kali pertama , tahun lalu echo pernah malakukan diskusi panel di even yang sama, tetapi kali ini echo di minta untuk membicarakan tentang trends yang berkembang akhir-akhir ini, dan terus terang ini bukan hal yang mudah, apalagi menyampaikannya dalam bahasa inggris :). Kesempatan seperti ini adalah salah satu cara yang kami pilih untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang besar, banyak komunitas yang besar, dan kita patut khawatir jika komunitas di Indonesia hanya di kenal saat "cyber war", "defacing", "cyber fraud" dan semua hal yang berbau negatif.


Hari Kedua

Pada hari terakhir ini kami bertemu dengan beberapa rekan dari Jasakom, diantaranya adalah S'to, Memet Anwar, To2. Terdapat diskusi kecil disini tentang kemungkinan diadakannya event serupa bertaraf Nasional. Pada kesempatan ini juga, y3dips terlihat sibuk berbincang-bincang dengan teman-teman dari negara lain, terutama dengan teman dari vietnam (hi mr Nguyen :) ), saat ini Vietnam merupakan negara yang cukup pesat perkembangan ITnya, mereka baru selesai menyelenggarakan konferensi keamanan juga, komunitasnya juga memenangkan permainan hacking "capture the flag" di malaysia bulan kemarin, yang menurut cerita y3dips, "sangat luar biasa".

Technical Track - Day 2
:- Fyodor Yarochkin - Hacking with AI

:- Nguyen Anh Quynh - Hijacking Virtual Machine Execution For Fun and Profit

:- Roberto Preatoni - WabiSabiLabi : The Vulnerability Marketplace

:- Jim Geovedi & Raditya Iryandi - Hacking a Bird in the Sky: Exploiting Satellite Trust Relationship

:- Cedric Blancher - Are Identity-based Security Schemes Going to Save Our LANS ?

Di akhir acara, Anthony C Zboralski (ACZ) aka gaius mengumumkan beberapa pemenang doorprize dan penghargaan kepada pembicara terfavorit yang jatuh kepada Roberto Preatoni aka Sys64738, Zone-H Founder. Ia membawakan materi tentang WabiSabiLabi,sebuah "Pasar" yang menjual berbagai macam jenis exploit. Untuk informasi, banyak vendor software maupun hardware besar yang "berkunjung" ke "Pasar" ini. (kami tidak akan berkomentar lebih lanjut :P)

Di hari terakhir ini, y3dips juga sempat berbincang - bincang dengan hacker-hacker dari komunitas lainnya, salah satunya dari komunitas Hackinthebox, dan dari hasil perbincangan mereka ternyata echo|zine cukup diminati juga oleh komunitas hacker Malaysia, Brunei, maupun Singapura karena memiliki bahasa serumpun yang lebih mudah di mengerti. Jadi, tunggu apa lagi ? siapkan text editor anda dan mulailah menulis untuk echo|zine berikutnya :).

Secara keseluruhan,penyelenggaraan BCS'07 ini cukup baik. Namun sangat disayangkan pada event kali ini, CTF tidak diadakan dengan beberapa alasan. Untuk materi presentasi, seperti biasa pihak Bellua akan mengupload ke website resmi mereka.

BCS'07 yang diadakan 30 - 31 Oktober 2007 memang telah usai,tetapi banyak Ilmu & pengalaman yang didapatkan seluruh staff dari event tersebut, terlihat pagi ini ( Nov ,1 2007) pada status YM! salah seorang staff bertuliskan :

"2 Hari berguru bersama 31337 dunia,dapet beberapa ide !"

Sekian laporan dari event BCS'07, thx to bellua n negative :)
sampai jumpa tahun depan ...